Banner image
Magnetic Locks
Read More
Banner image
Drop Bolts
Read More
Banner image
Electric Strike
Read More
Banner image
Locks Brackets
Read More

Kunci Elektromagnetik

Pembuka Pintu Otomatis

Kunci elektromagnetik adalah alat pengunci pintu otomatis yang terdiri dari elektromagnet dan plat dinamo. Perangkat penguncian elektrik memiliki dua jenis utama yaitu “fail safe” dan “fail secure“. Jenis pengunci fail safe akan tetap terkunci walaupun aliran listrik terputus. Sedangkan pada kunci elektromagnetik fail secure pengunci akan terbuka ketika listrik mati. Biasanya bagian kunci elektromagnet dipasang pada kusen dan piring angker akan melekat pada pintu. Kedua komponen akan saling kontak ketika pintu ditutup. Elektromagnet akan menyebabkan pelat angker menarik elektromagnet sehingga menciptakan tindakan penguncian. Karena wilayah elektromagnet yang relatif besar, gaya yang ditimbulkan oleh fluks magnetik cukup kuat untuk menjaga pintu terkunci bahkan di bawah kondisi ekstrim.

Jenis dan Cara Kerja Kunci Elektromagnetik

Jenis kunci elektromagnetik pintu tunggal biasanya menawarkan kapasitas kekuatan dinamis sekitar 270kg dan 540 kg. Tipe kunci pintu otomatis “fail safe” yang membutuhkan listrik agar tetap terkunci biasanya tidak cocok untuk aplikasi keamanan tinggi. Selain mati lampu, kunci juga dapat terbuka bila ada gangguan pasokan listrik. Namun dengan menambahkan sensor magnetik pada kunci dan dengan menggunakan power supply cadangan atau baterai maka ia juga dapat diimplementasikan menjadi sistem aplikasi keamanan yang lebih baik selain menggunakan kamera CCTV. Kunci elektromagnetik sangat cocok untuk digunakan pada pintu keluar darurat. Bila terjadi kebakaran jenis kunci pintu otomatis ini akan lebih dapat diandalkan dibandingkan jenis kunci elektrik lainnya karena tidak memiliki bagian yang bergerak. Kekuatan kunci magnetik cukup sebanding bila dibandingkan dengan kunci pintu konvensional. Energi listrik yang digunakan untuk beroperasi lebih murah bila dibandingkan dengan bola lampu. Sistem penguncian elektromagnetik tidak memerlukan tuas atau pegangan pintu, biasanya tombol pembuka yang memotong pasokan listrik dipasang di dekat pintu. Tombol ini biasanya memiliki timer yang aktif sekitar 15 atau 30 detik setelah tombol ditekan.

Kelebihan dan Kekurangan Kunci Magnetik

Kunci magnetik memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan kunci biasa dan kunci electric strike. Keuntungan kunci elektromagnetik adalah daya tahan dan penggunaan-nya yang cepat dan praktis. Jenis kunci magnetis sangat tepat digunakan dalam lingkungan kantor yang memiliki lalu lintas tinggi di mana sangat dibutuhkan otentikasi elektronik.

Keuntungan Kunci Elektromagnetik Digital
  • Mudah dipasang. Jenis kunci magnetik umumnya lebih mudah untuk dipasang dibandingkan dengan jenis kunci pintu lain karena tidak ada bagian yang terinterkoneksi.
  • Cepat beroperasi. Kunci magnetis akan membuka langsung ketika aliran listrik terputus, pintu akan terbuka lebih cepat dibandingkan dengan jenis kunci lain.
  • Kokoh. Kunci Magnetic lebih tahan dari kekerasan paksa daripada kunci konvensional. Jika kunci magnetik dipaksa terbuka dengan linggis, kerusakan yang terjadi hanya minimal.
Kekurangan Kunci Pintu Digital
  • Membutuhkan sumber daya listrik yang konstan agar aman.
  • Pintu dapat terbuka bila terjadi pemadaman listrik yang akan melumpuhkan sistem keamanan.
  • Harga mahal dibandingkan dengan kunci pintu mekanis biasa dan memerlukan perangkat keras tambahan untuk sistem keamanan perusahaan yang lebih terjamin.