Image
ACL-ES01
Standard Type Electric Strike
More info
Image
ACL-ES02
Narrow Type Electric Strike
More info
Image
ACL-ES03
Long Type Electric Strike
More info
Image
ACL-ES04
ANSI Standard Heavy Duty Electric Strike
More info

Electric Strike

Electric strike adalah perangkat akses kontrol yang digunakan untuk pintu. Ia menggantikan strike faceplate tetap yang sering digunakan bersama latchbar. Electrik strike umumnya tersedia dalam dua konfigurasi yaitu fail secure dan fail safe.

  1. Fail secure. Juga disebut fail-locked atau non-fail safe. Dalam konfigurasi ini, menerapkan arus listrik akan menyebabkan pintu terbuka. Dalam konfigurasi ini, pintu akan tetap terkunci walaupun terjadi mati lampu, tetapi biasanya kunci mekanik masih dapat digunakan untuk membuka pintu dari dalam.
  2. Fail safe. Disebut juga disebut fail open. Dalam konfigurasi ini, menerapkan arus listrik akan menyebabkan pintu mengunci. Cara kerja operasinya hampir sama sebagai kunci magnetik. Jika ada kegagalan daya, pintu akan terbuka bila didorong atau ditarik. Unit fail safe selalu beroperasi dengan arus searah.

Sebuah electric strike kadang-kadang dilengkapi dengan buzzers yang memungkinkan orang yang berada di dekat pintu mendengar suara ketika pintu terbuka. Suara berdengung ini biasanya dibuat dengan menerapkan arus bolak-balik (AC) pada strike. Bila menggunakan arus DC, bila menginginkan suara dengungan yang sama maka perlu ditambahkan aksesori bel tambahan.

Keamanan suatu pintu sangat penting untuk pencegahan terjadinya pencurian atau mencegah masuknya seseorang yang tidak berwenang. Pembobolan umumnya terjadi ketika penyusup membuka pintu yang terkunci dengan alat seperti obeng atau linggis. Perangkat keamanan pintu seperti alarm dirancang untuk memperingatkan adanya suatu percobaan pencurian. Alarm ini mungkin tidak akan berbunyi saat pintu dibuka tapi ia akan memberikan peringatan kepada penjaga keamanan dan polisi sehingga meningkatkan kemungkinan untuk menangkap pelakunya.