Image
ACL-M350/M600
Single Door
More info
Image
ACL-MD600/MDL1200
Double Door Magnetics Lock (600lbs/1200lbs)
More info

Magnetic Locks

Prinsip Kunci Pintu Digital Magnetik

Prinsip kunci magnetik digital adalah penggunaan elektromagnetis untuk mengunci pintu ketika ia memiliki energi. Kekuatan untuk memegang harus kolinear dengan beban, dan kunci dan pelat angker harus saling berhadapan untuk mencapai operasi yang optimal. Kunci magnetik bergantung pada beberapa konsep dasar elektromagnetisme. Pada dasarnya elektromagnet akan menarik konduktor dengan kekuatan cukup besar untuk mencegah pintu terbuka.

Instalasi dan Pemasangan Kunci Magnetik

Kunci elektromagnetik cocok digunakan pintu ayun baik yang mengarah keluar maupun ke dalam. Ada 3 jenis bracket kunci magnetik yaitu L braket, LZ braket, dan U braket. Bracket tersebut digunakan untuk mengarahkan angker untuk dengan tepat. Piringan filler juga digunakan untuk memberikan daerah pemasangan datar yang besar pada frame pintu ketika elektromagnet lebih besar dari ruang pemasangan yang ada pada pintu karena geometri frame. Pemasangan kunci magnetik harus selalu dipasang di sisi pintu bagian dalam. Kebanyakan instalasi dipasang pada permukaan. Agar lebih aman maka kunci magnetik dan kabel harus disalurkan melalui frame pintu atau flush mount dengan kawat molding.

kunci magnetik pintu digital stealth security

Instalasi kunci pintu digital magnetik sangat mudah. Pada pintu yang mengayun ke bagian dalam, elektromagnet biasanya dipasang di sudut pembukaan pintu. Magnetic locks juga dapat diinstal secara vertikal pada pembukaan pintu yang dilengkapi dengan panjang rumah yang penuh. Dengan konfigurasi ini angker akan berorientasi untuk menyesuaikan dengan elektromagnet. Pelat angker dan elektromagnet harus saling menyentuh untuk memberikan kekuatan penguncian yang optimal. Untuk aplikasi pintu yang mengayun ke luar, elektromagnet biasanya dipasang di sisi header pintu. Dalam konfigurasi ini, angker dipasang pada braket berbentuk Z yang mengarahkan angker untuk berpasangan dengan elektromagnet.

Manfaat Kunci Pintu Digital dan Kunci Magnetik

Seperti halnya kunci pintu digital, aplikasi kunci magnetik selalu menjadi bagian penting dari sistem keamanan otomatis lengkap. Sistem security perusahaan mungkin terdiri dari kunci pintu otomatis dengan pembaca kartu serta kamera CCTV. Atau pada sistem keamanan kantor yang lebih kompleks maka setiap pintu akan terkoneksi dengan komputer pusat yang memantau seluruh sistem keamanan. Apapun sistem kunci pintu digital yang anda pilih, pertimbangkan yang paling mendukung keselamatan saat terjadi keadaan darurat seperti kebakaran.

Ukuran Kunci Magnetik

Kunci magnetik memiliki pelat logam dikelilingi oleh kumparan kawat yang dapat magnet. Kunci elektromagnetik dengan ukuran standar biasanya digunakan sebagai kunci pintu gerbang (pagar). Jumlah kumparan menentukan kekuatan penguncian yaitu:

  • Ukuran Micro : memiliki kekuatan 300 lbf (1.300 N)
  • Ukuran Mini : 600 lbf (2.700 N)
  • Ukuran Midi : 800 lbf (3.600 N)
  • Ukuran Standar : 1.200 lbf (5.300 N)

Untuk tujuan keamanan, sebuah kunci pintu elektronik umumnya dirancang untuk beroperasi dalam mode:

  1. Fail safe magnetic locks
    Pada jenis kunci elektronik ini, pengunci akan terlepas saat aliran listrik terputus sehingga tepat digunakan untuk melindungi manusia yang berada didalam properti ketika terjadi keadaan darurat atau bencana.
  2. Fail secure magnetic locks
    Tipe kunci otomatis ini kunci akan tetap tertutup walaupun terjadi pemadaman listrik. Untuk anda yang ingin melindungi properti ini adalah jenis kunci pintu digital terbaik.

Kunci elektromagnetik biasanya digunakan dalam situasi Fail-Safe, sehingga harus aman dalam situasi darurat seperti bencana kebakaran.